Ketika berbelanja di Tokopedia, kita mungkin sudah compare kesana kemari. Mungkin sudah menemukan best deal. Sehingga ketika pembelian sudah anda lakukan, anda tidak berpikiran untuk membatalkannya bukan?
Lain ceritanya ketika anda beli, kemudian sudah bayar, ada notifikasi pembayaran masuk, ternyata, anda BARU SADAR, barangnya ternyata salah tipe. Bagaimana kalau terjadi hal demikian? Well, pengalaman kali ini membuktikan bahwa untuk membatalkan pembelian di Tokopedia sangatlah sulit, meskipun pembatalan dilakukan dalam menit-menit pertama pembelian. Sialnya lagi, yang membuat transaksi ini berhasil terjadi adalah karena OVO tidak meminta password/PIN ketika transaksi. Tiba-tiba sukses begitu saja. Padahal, hal yang paling membuat kita sadar dan berpikir ulang mengenai barang yang kita beli adalah ketika kita diminta Password/PIN/OTP, apakah tidak begitu?
Ingin mengetahui ceritanya? Mari kita simak baik-baik.
Pada tanggal 13-01-2019 (tidak ada hubungannya dengan 13 angka sial), dilakukan pembelian Babymoov Lovenest
Jawaban dari penjual cukup mengagetkan : "sory kl.udh transaksi dan brg nya ada kita ga bisa batalin sis". Ternyata penjual tidak mau dicancel. Tapi ya ada masuk akalnya, siapa sih yang mau ketika ada rejeki masuk, dilepas begitu saja? Saya coba lagi untuk MEMOHON penjual agar dibatalkan. Begini hasilnya
Sepertinya, penjual di Tokopedia ini berada di atas langit. Saya diberi jawaban "iy kita juga ada kebijakan pak.kl mau tukar brg laine gpp asal tidak membatalkan transaksi". Jawaban seperti ini baru saya jumpai, karena setelah bertahun-tahun beli di Tokopedia, baru kali ini saja sih melakukan Immediate Cancel atas permintaan sendiri. Kalau dicancel penjual sih sudah pernah mengalami.
Well, mungkin saja saya sudah terlalu dimanja Blibli, saya tidak expect ada jawaban seperti ini dari penjual. Kenapa dengan Blibli? Untuk cancellation di Blibli, tidak perlu susah payah negosiasi atau chat dengan penjual. Cukup live chat dengan agen Blibli, maka cancellation dilakukan tidak lebih dari 10 menit, kemudian dana dikembalikan ke kartu kredit. OK, balik ke Tokopedia.
Mengetahui bahwa Tokopedia ternyata tidak se-aman Blibli di sisi pembeli, saya pun langsung mencoba bantuan dari CS Tokopedia. Karena menurut akal sehat, sudah tidak waras lagi kalau adu debat dengan penjual yang menjawab semacam ini. Kira-kira, begini transkrip yang bisa disusun ulang dari email Toped yang diterima.
PEMBELI
Jan 13, 08:45 WIB
saya ingin trx dibatalkan karena belum
cukup umur ternyata , tapi harus menunggu jam 14 nanti. sedangkan, saya sudah
info penjual, katanya ngga mau batalin. mohon bantuannya untuk dibatalkan
secara sistem
|
||||
CS TOPED
Dear
Toppers,
Terima kasih telah
menghubungi Customer Care Tokopedia. Arta bantu jawab terkait pembatalan
pesanan.
Mohon maaf atas
ketidaknyamanannya. Arta infokan, pembatalan pesanan bisa dilakukan dengan
klik Ajukan Pembatalan di menu Menunggu Konfirmasi namun setelah 6 jam sejak
pembayaran diverifikasi ya. Jika Arta cek, pesanan atas invoice
INV/20190113/XIX/I/258719222 status pembayarannya telah diverifikasi tanggal
13/01/2019 pukul 08:15 WIB. Nantinya, setelah Anda mengajukan pembatalan,
maka penjual akan mengkonfirmasi pembatalan tersebut ya dikarenakan kami
tidak bisa membatalkan pesanan secara sepihak. Kami sarankan Anda untuk tetap
aktif berdiskusi dengan penjual melalui fitur Chat yang tersedia terkait
pembatalannya ya.
Kedepannya, sebelum melakukan
pemesanan mohon melakukan diskusi terlebih dahulu dengan pihak penjual
melalui fitur Diskusi Produk agar tidak terjadi hal serupa.
Terima kasih.
|
||||
PEMBELI
selamat pagisaya tahu
bahwa pembatalan baru bisa jam 2 siang nantisaya tahu bahwa saya harus
memberi tahu penjualjustru disini, permasalahannya penjual tidak mau
dibatalkanterus terang saja, saya baru sadar kalau belum cukup umur ketika
sudah klik bayar. sialnya, ketika klik bayar, tidak dimintai pin ovo.
biasanya kalau trx ovo di toped kan selalu dimintai pin, kenapa kali ini
tidak? makanya langsung saya batalkankarena 2 alasan di atas itu saya minta
bantuan cs toped untuk moderasinya
|
||||
CS
TOPED
Dear
Toppers,
Mohon maaf atas kendala yang
terjadi. Arta lanjutkan penanganannya ya.
Menanggapi kendalanya, ketika
Anda mengajukan pembatalan dan selama penjual belum merespons pesanan
tersebut, maka penjual bisa menolak pesanan dan tidak akan terkena
pengurangan reputasi tokonya ya. Maka, mohon kesediaannya menunggu terlebih
dahulu Anda mengajukan pembatalan tersebut dan tetap aktif berdiskusi dengan
penjual. Nantinya, jika penjual tidak segera mengkonfirmasi pembatalannya
kami akan bantu follow up ke penjual ya.
Arta infokan bahwa Security
Code OVO dimintakan ketika akan bertransaksi ya. Jika transaksi tersebut
tidak dimintakan Security Code, Anda bisa menanyakan hal tersebut di Call
Center OVO secara langsung di nomor layanan 1500 696 atau melalui email
cs@ovo.id.
Semoga info dari Arta bisa
membantu.
Terima kasih.
|
||||
PEMBELI
|
||||
CS
TOPED
Dear
Toppers,
Mohon maaf atas
ketidaknyamanannya. Arta lanjutkan penanganannya ya.
Jika Arta cek kembali,
pesanan atas invoice INV/20190113/XIX/I/258719222 sudah direspons penjual ya.
Namun Anda tidak perlu khawatir, saat ini kami bantu follow up ke pihak
penjual guna pesanan bisa dibatalkan. Maka, mohon kesediaannya menunggu
terlebih dahulu. Jika ada info selanjutnya, akan kami sampaikan melalui
Layanan Pengguna ini.
Semoga kendala segera
terselesaikan.
Terima kasih.
|
||||
CS
TOPED MEMBALAS BEBERAPA SAAT KEMUDIAN
Dear
Toppers,
Terima kasih atas
kesabarannya menunggu. Arta lanjutkan penanganannya ya.
Kami sudah menghubungi
penjual melalui sambungan telepon pukul 10:27 WIB. Penjual tidak bersedia
membatalkan pesanan tersebut atau kami bantu batalkan dikarenakan sesuai
ketentuan dari tokonya ketika sudah melakukan pesanan, hal tersebut tidak
bisa dilakukan. Sehingga, kami juga tidak bisa memproses pembatalan tersebut
tanpa persetujuan pembeli. Info dari penjual, Anda bisa menukar dengan barang
yang lain apabila barang tersebut tidak sesuai ya dan terkait barang yang
sudah Anda pesan, untuk usia mulai dari 0 tahun sehingga sebetulnya bisa
digunakan ya. Kami sarankan untuk tetap aktif berdiskusi dengan penjual guna
mencapai kesepakatan bersama.
Semoga kendala segera
terselesaikan.
Terima kasih.
|
||||
PEMBELI
|
||||
CS
TOPED
Dear
Toppers,
Mohon maaf atas kendala yang
dialami. Bety bantu jawab menindaklanjuti kendala Anda.
Kami turut memahami apa yang Anda rasakan saat ini. Terkait pembatalan pesanan, kami infokan bahwa kami tidak bisa melakukan pembatalan pesanan sepihak. Kami telah mengkonfirmasi pihak penjual terkait pembatalan pesanan melalui sambungan telepon sebelumnya dan pihak penjual tidak bersedia membatalkan pesanan tersebut. Kami sarankan Bapak untuk mengeklik tombol Komplain saat pesanan Anda sedang dikirim nantinya di menu Sedang Dikirim terkait pembatalan pesanan tersebut ya. Nantinya pesanan yang telah dikomplain akan masuk ke Pusat Resolusi dan silakan untuk menyelesaikan kendala tersebut di Pusat Resolusi ya.
Kami infokan bahwa apabila
Anda telah mengeklik tombol Ajukan Pembatalan di menu Menunggu Konfirmasi
setelah 6 jam pembayaran terverifikasi, sebelum pesanan diproses, maka pesanan
tidak akan batal otomatis karena pengajuan memerlukan persetujuan dari pihak
penjual ya.
Kami sarankan kedepannya Anda
untuk memastikan terlebih dahulu terkait deskripsi produk pesanan sebelum
melakukan transaksi agar kejadian serupa tidak terjadi dikemudian hari
ya.
Terima kasih atas kritik dan
sarannya, kami akan terus meningkatkan pelayanan kami kedepannya.
Semoga info dari Bety bisa
membantu ya.
Terima kasih.
Salam hangat,
Team Tokopedia Care |
||||
PEMBELI
Baik, jadi saya konfirmasi kepada anda. Bahwa sesuai
petunjuk anda, saya akan klik tombol komplain ketika barang dikirim.
Mengingat bahwa penjual sangat bersikeras dagangannya harus laku dan dikirim
ke saya.Tapi yang perlu saya tanyakan. Ada pilihan apa ketika tombok komplajn
diklik? Karena saya sepertinya belum pernah masuk pusat resolusi untuk hal
first minute cancellation. Bisa saya diinfokan?
|
||||
CS
TOPED
Dear
Toppers,
Mohon maaf atas
ketidaknyamanannya. Bahar akan bantu lanjutkan penanganannya ya.
Terkait dengan kendala yang
Anda alami, kami infokan terkait dengan jika Anda klik Komplain pada saar
penjual mengirimkan pesanan. Jika Anda sudah klik tombol Komplain maka Anda
di suruh memilih Solusi yaitu:
1. Retur Tukar Barang. 2. Retur Refund Dana. 3. Kirimkan Sisanya. 4. Refund Dana. 5. Cek Kurir.
Silakan Anda pilih sesuai
solusi yang Anda inginkan agar di bantu menyelesaikan Admin resolusi.
Semoga info dari Bahar bisa
membantu ya.
Terima kasih.
Salam hangat,
Team Tokopedia Care www.tokopedia.com |
||||
PEMBELI
Well
Noted. Namun yang mau saya tanyakan, ketika saya pilih opsi no. 2, yaitu
retur refund dana. Saya diwajibkan kirim balik barangnya ke penjual. Apakah
betul demikian?
|
||||
CS
TOPED
Dear
Toppers,
Mohon maaf atas
ketidaknyamanannya. Bahar akan bantu lanjutkan penanganannya ya.
Terkait dengan Anda jika
memilih Retur Refund Dana, maka Anda harus mengirimkan kembali barang
tersebut ke pihak penjual. Terkait dana pengiriman silakan diskusikan dengan
pihak penjual ya.
Kami ingatkan kembali, jangan
klik selesaikan komplain jika kendala Anda belum terselesaikan dengan baik.
Karena kendala yang sudah masuk Pusat Resolusi hanya dapat di selesaikan di
Pusar Resolusi ya.
Semoga kendala Anda segera
selesai ya.
Terima kasih.
Salam hangat,
Team Tokopedia Care www.tokopedia.com |
Memang tidak dipungkiri bahwa member tertinggi di Blibli sudah di tangan saya. Tapi di luar dari member Infinite tersebut, ketika masi member Premier, soal purna jual, Blibli memang luar biasa dibandingkan dengan kasus yang dialami di Toped ini. Mungkin sembari membaca ini, apakah turut merasakan ruwetnya batal beli di Tokopedia?
Akhir kata, pembelian tersebut tidak jadi saya masukkan pusat resolusi karena sudah cukup jutek dengan Tokopedia yang dimana pembeli harus diskusi terus dengan penjual. Kalau kena penjual yang juaji, bener-bener repot.
Share your thought, leave comment.
Elu yang salah elu yang bilang penjual juaji, mak mak goblokk
ReplyDelete